home-v1

7 hal yang harus dimiliki Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Anda

     Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang fleksibel dan efisien memiliki peran penting di setiap rumah sakit dalam hal sistem kesehatan. Para profesional perawatan kesehatan beradaptasi dengan perkembangan teknologi terbaru untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasien. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit membantu organisasi perawatan kesehatan untuk mengatasi tantangan rumit yang mereka hadapi dalam industri perawatan kesehatan saat ini. Kali ini, mari kita lihat hal-hal produktif apa yang harus dimasukkan dalam Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dan bermanfaat bagi rumah sakit Anda.

Diperlukan sistem yang efisien, hemat biaya, handal, dan dianggap sebagai tulang punggung perawatan kesehatan atau rumah sakit. Salah satunya adalah perangkat lunak Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit atau SIMRS. Mari kita simak pentingnya SIMRS di bawah ini.

  • Manajemen pendapatan yang lebih tinggi
  • Peningkatan pengambilan keputusan klinis
  • Cara terbaik untuk membuat rumah sakit Anda maju secara teknis
  • Keamanan data yang ditingkatkan
  • Menghilangkan kesalahan dan dapat memantau setiap detail secara instan.
  • Reputasi yang lebih tinggi melalui peringkat kualitas yang baik.
  • Pilihan yang terjangkau untuk setiap rumah sakit.
  • Tidak ada kemungkinan kesalahan karena HMS mengurangi tenaga kerja.
  • Peningkatan kemampuan pengambilan dan keamanan data
  • Peningkatan efisiensi dan perawatan pasien.

     Jika kita lihat dari pentingnya penggunaan SIMRS di atas, maka ada beberapa hal yang wajib kita masukkan ke dalam SIMRS yang kita gunakan. Kegunaan utama SIMRS adalah untuk mengelola & menjaga manajemen perawatan kesehatan. SIMRS telah menghadirkan pasien, staf rumah sakit, perawat, dan dokter untuk menambahkan semua aset dan informasi di mana pun dan kapan pun. SIMRS yang efisien dan canggih memiliki banyak fitur hebat, dan di bawah ini adalah beberapa di antaranya yang harus Anda cari saat memilih perangkat lunak sistem Informasi Rumah Sakit untuk kebutuhan perawatan kesehatan Anda.

1. Booking Online

     Untuk pasien yang akan menjadwalkan untuk bertemu dengan dokter, booking online adalah langkah pertama yang mereka butuhkan. Fitur booking online membantu pasien memesan jadwal secara online dari mana saja, sehingga Anda dapat menghemat waktu dan keadaan darurat. Booking online memungkinkan pasien untuk mengetahui ketersediaan ahli radiologi, dokter, atau spesialis perawatan kesehatan lainnya. Artinya, pasien dapat membuat janji temu secara online dengan cepat berdasarkan waktu yang mereka perlukan untuk menemui dokter. Ini terbuka untuk mode offline dan online ditambah dengan pembaruan instan pada proses penjadwalan janji. 

2. IP, OP, dan OT yang terintegrasi

     SIMRS terintegrasi dengan tiga fitur penting seperti manajemen Rawat Inap, Rawat Jalan, dan Ruang Operasi. Ini mencakup laporan MIS, manajemen aset, manajemen lingkungan dan ruang, penugasan perawat dan dokter, dan banyak lagi. Manajemen rawat jalan berkaitan dengan pengelolaan kebutuhan setiap departemen rawat jalan. SIMRS mendukung berbagai pembuatan janji melalui call center, telepon, walk-in, dan online melalui portal pasien. Modul ini merupakan pendekatan inovatif untuk membantu banyak dokter mengurus manajemen rawat jalan sepanjang hari mereka. Layanan manajemen rawat inap menawarkan kualitas perawatan yang sangat baik kepada pasien yang berada dalam tahap rentan dan akut dari penyakit mereka. 

    Modul manajemen rawat inap di SIMRS menangani penerimaan modul, alokasi tempat tidur dan ketersediaan tempat tidur, pemulangan dan pemindahan pasien, dan banyak lagi. Sistem mencatat setiap dokter medis, dokter, dan personil lain yang terlibat dalam merawat pasien, laporan terperinci tentang prosedur yang diberikan kepada mereka, dan hal-hal relevan lainnya tentang mereka agar tetap dapat dilacak tentang mereka kapan saja. SIMRS juga membantu mencapai efisiensi ekonomi dan kelangsungan hidup dalam OT (Ruang Operasi) / manajemen terapi. Modul ini membantu untuk mencari dokumentasi dan operasi yang lebih singkat jika dibandingkan dengan hasil intervensi biasa.

3. Penagihan dan Asuransi

    Proses penagihan melibatkan biaya seperti pendaftaran pasien, biaya dokter, tes yang dilakukan, dan banyak lagi. Sebelum pasien dipulangkan, keluarga harus membayar tagihan tepat waktu. Inilah saat SIMRS memainkan peran penting. Ini membantu membuat proses lebih cepat dan bebas dari kesalahan. Perangkat lunak seperti SIMRS memungkinkan staf memasukkan diskon asuransi, harga layanan, dan biaya tambahan lainnya. Sekarang disesuaikan dengan perawatan atau layanan khusus yang dibuat untuk pasien. Dengan bantuan kode, biaya dimasukkan dan juga memungkinkan proses penagihan otomatis. Dalam hal klaim asuransi, sistem manajemen informasi rumah sakit membantu prosesnya menjadi lebih cepat dan mudah. 

4. Integrasi laboratorium

     Integrasi Laboratorium di SIMRS akan menangani pengumpulan sampel, dan banyak lagi. Modul manajemen laboratorium membantu menyiarkan dan mencatat informasi tentang tes yang dilakukan. Modul manajemen laboratorium dalam SIMRS menangani laporan khusus, penyelesaian kredit, analitik, manajemen pesanan, notifikasi pintar, laporan MIS terperinci, dan aplikasi. Modul manajemen laboratorium terintegrasi dengan SIMRS untuk menangani proses alur kerja untuk setiap pasien di rumah sakit dan mencatat informasi tentang tes yang dilakukan.

5. Integrasi farmasi

     Modul Integrasi Farmasi dalam SIMRS berfungsi untuk menangani manajemen stok, penghitungan pajak bawaan, peringatan kadaluarsa otomatis, kode barang, dan banyak lagi. Modul manajemen apotek di SIMRS membantu mengontrol apotek yang berbeda. Modul manajemen apotek menangani integrasi resep, manajemen stok, laporan cerdas, momen stok, dan banyak lagi. Seluruh apotek dapat dikelola melalui modul manajemen apotek yang ada di SIMRS. Itu juga dapat diintegrasikan dengan penagihan terpusat. Setelah pasien menerima obat dari apotek, biaya akan ditransfer secara otomatis ke tagihan pasien.

6. Modul berbasis khusus

     Ada alat pelaporan terpusat di SIMRS untuk PACS, X-ray, Ultrasound, CT scan, dan banyak lagi, data tersebut dapat dilampirkan/diupload ke rekam medis pasien melalui modul laboratorium & Radiologi. Hanya orang yang berwenang yang akan diberikan otentikasi untuk memeriksa laporan. Pencitraan digital mencakup prosedur sederhana berupa diagnosis organ. Laporan radiologi, gigi, onkologi, ART IVF, kardiologi mudah dipahami oleh teknologi ini. Dengan bantuan kode pasien atau ID keluarga, pasien dapat masuk ke fitur dan memeriksa status laporan mereka. Membuat janji temu untuk diagnosis hingga memeriksa hasil, setiap proses dibuat lebih mudah diakses dengan fitur ini.

7. Penyimpanan data yang terjamin keamanannya

     SIMRS menawarkan privasi dan keamanan data kepada orang-orang. Menerapkannya akan membantu memberdayakan fungsionalitas yang jelas dan lancar. SIMRS adalah salah satu perangkat lunak berbasis cloud, sehingga tidak ada peluang terjadinya pelanggaran karena semuanya saling terkait satu sama lain. Artinya, data pasien aman dan hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu yang memiliki autentikasi. Data disimpan di cloud atau server dan, oleh karena itu, sepenuhnya aman. 

     Menerapkan Sistem Informasi Manajemen rumah sakit (SIMRS) pada faskes Anda akan membantu faskes untuk mencapai transformasi kesehatan digital dan pelayanan rumah sakit yang lebih ideal. Untuk itulah Trustmedis hadir menjadi solusi. Trustmedis sebagai aplikasi kesehatan online nomor satu di Indonesia menyediakan layanan Sistem Informasi Manajemen (SIM) faskes berbasis cloud yang memungkinkan Anda beroperasi secara instan melalui gadget yang anda gunakan setiap hari seperti smartphone, tablet, maupun komputer. Dengan demikian, pelayanan terhadap pasien akan lebih cepat, tepat, efektif dan efisien.